Sabtu, 29 Agustus 2009

Mengangkat Pecinta Alam Sebagai Ekstrakulikuker Wajib

Dewasa ini, minat pelajar terhadap pengabdian negara semakin menurun. Pramuka sebagai bagian dari cara menumbuhkan nasionalisme semakin tidak bisa dihandalkan karena peminatnya yang kian hari kian sedikit. Bahkan hanya tinggal beberapa sekolah saja yang masih mempertahankan kegiatan pramuka ini. Sebagian lainya sudah tinggal cerita masa lalu.

Dengan latar belakang itu, maka perlu rasanya mencari alternatif lain mengembangkan jiwa nasionalisme dengan diadakanya kegiatan pecinta alam. Namun sangat disayangkan, kegiatan pecinta alam di sekolah masih terbatas. Selain dianggap kegiatan berisiko oleh sekolah, sering kali pengembangan kegiatan ini cenderung independen tanpa dukungan sekolah. Padahal kegiatan pecinta alam ini memiliki peluang yang besar dalam kerangka menumbuhkan rasa nasionalisme pelajar.

Oleh karena itu, banyakndari masyarakat pelajar pecinta alam atau sering disebut SISPALA ( Siswa Pecinta alam ) berharap dukungan pemerintah. Selama ini kegiatan pecinta alam sama sekali tidak mendapat dukungan pemerintah. Harapan kedepan, untuk menyelamatkan keberadaan kegiatan kepecinta alaman maka perlu rasanya untuk membuat dasar hukum paling tidak setingkat Keputusan Menteri (KepMen) untuk mewajibkan setiap sekolah memiliki ekstrakulikuler Pecinta Alam.Karena hanya anak bangsalah yang mengenal alam negerinya sendiri.

3 komentar:

  1. emang bener banget. jangan sampe pecinta alam senasib kaya pramuka

    BalasHapus
  2. Ternyata visi kita sama. Mari kita temukan jawabannya segera mungkin.

    BalasHapus
  3. Gambling in NJ is legal in 2021 - JMHub
    New Jersey, 2021, a state 아산 출장샵 that is legal in NJ, and 수원 출장마사지 the 밀양 출장샵 state also 여수 출장안마 provides legal 대구광역 출장마사지 sports betting to the general public.

    BalasHapus